Direktorat Akademik merupakan unsur pembantu Pimpinan di bidang akademik yang secara fungsional berada di bawah Wakil Rektor 1. Tugas pokok Direktorat Akademik membantu pimpinan universitas dalam menyelenggarakan akademik dan layanan akademikditingkat universitas

No Jabatan Uraian Tugas
1 Direktur Akademik Tugas :

    1. Menyusun perencanaan program kerja dan RAB tahunan serta laporan kinerja setiap semester.
    2. Membuat progress report setiap semester terkait kegiatan akademik dan persoalan administrasi akademik.
    3. Menyusun konsep rumusan kebijakan dan peraturan di bidang akademik.
    4. Mengkoordinasikan pelaksanaan kurikulum, pembelajaran serta layanan administrasi akademik.
    5. Mengkoordinasikan persiapan perkuliahan setiap awal semester (plotting jadwal kuliah, dosen, mahasiswa, presensi kuliah, rapat akademik, RPS).
    6. Mengkoordinasikan pelaksanan perkuliahan (kehadiran dosen dan mahasiswa, implementasin e-Learning, kesesuaian materi perkuliahan dengan RPS).
    7. Mengkoordinasikan pelaksanaan evaluasi akhir perkuliahan (UTS/UAS baik teori maupun praktikum, input/upload nilai UTS/UAS).
    8. Mengkoordinasi pelaporan ke PDDIKTI dan SIMKOPTA serta EMIS ke Kopertais IV.
    9. Melakukan koordinasi dengan unit kerja lain untuk mendukung kelancaran tugas-tugas Akademik.
    10. Membagi tugas, menggerakkan, mengarahkan dan membimbing pelaksanaan tugas bagian.
    11. Melakukan validasi kinerja staf yang menjadi bawahannya secara obyektif.
Wewenang :

    1. Berwenang mengambil kebijakan terhadap semua tugas yang terkait bidang akademik di lingkungan DA.
    2. Berwenang menyusun pedoman akademik, kalender akademik.
    3. Berwenang untuk memutuskan calon mahasiswa pindahan, alih jenjang, Re-NIM dapat diterima atau tidak di Universitas Muhamamdiyah Sidoarjo.
    4. Mengecek dan memberikan paraf semua surat keluar yang harus ditanda tangani oleh Rektor/Wakil Rektor 1.
Tanggung Jawab :

    1. Bertanggung jawab terhadap seluruh kegiatan di DA, baik yang bersifat perencanaan maupun teknis administratif.
    2. Dalam melaksanakan tugasnya, Direktur DA bertanggung jawab kepada Rektor dan Wakil Rektor 1.
2 Kasie Kurikulum & Pengajaran Tugas :

    1. Menyusun perencanaan pada bidang kurikulum dan pengajaran.
    2. Melakukan penataan dan standarisasi seluruh dokumen akademik
    3. Melakukan penataan dan standarisasi seluruh isi dokumen kurikulum program studi.
    4. Melaksanakan persiapan perkuliahan setiap awal semester (plotting jadwal kuliah, dosen, rapat akademik, RPS)
    5. Melaksanakan monitoring evaluasi pelaksanan perkuliahan (kehadiran dosen dan mahasiswa, implementasin e-Learning, kesesuaian materi perkuliahan dengan RPS).
    6. Melaksanakan monitoring evaluasi akhir perkuliahan (UTS/UAS baik teori maupun praktikum, input/upload nilai UTS/UAS).
    7. Mengkoordinasi penyusunan buku ajar, modul praktikum serta bahan ajar lainnya.
    8. Melakukan verifikasi dan validasi SKPI sebelum dicetak.
    9. Membantu penyusunan perencanaan program kerja tahunan dan laporan kinerja setiap semester.
Wewenang :

    1. Berwenang untuk melakukan perubahan data akademik pada SIAKAD dengan sepengetahuan Direktur DA.
    2. Berwenang untuk melakukan koordinasi dengan DSTI terkait validitas data akademik dan menu di SIAKAD.
    3. Mengikuti rapat koordinasi dengan atasan dan pihak terkait.
    4. Melaksanakan tugas dari Direktur DA sesuai arahan/disposisi.
    5. Bekerjasama dengan staf akademik dan staf unit kerja / bagian lain di lingkungan Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.
Tanggung Jawab :

    1. Bertanggung jawab terhadap kegiatan akademik (kurikulum dan pengajaran) di DA, baik yang bersifat perencanaan maupun teknis administratif.
    2. Dalam melaksanakan tugasnya, Kasie Kurikulum dan Pengajaran bertanggung jawab kepada Direktur DA.
3 Kasie Administrasi & Pelaporan Akademik Tugas :

    1. Menyusun perencanaan dan kompilasi data untuk pelaporan PDDIKTI, perubahan data akademik dan mahasiswa di PDDIKTI.
    2. Melakukan koreksi dan pencetakan ijazah, transkrip dan SKPI bagi mahasiswa yang telah dinyatakan lulus
    3. Mengembangkan Sistem Informasi Akademik yang terintegrasi.
    4. Membuatkan Surat keterangan Pengganti/Ralat Ijazah yang Hilang/Rusak/Terdapat Kesalahan
    5. Menerbitkan surat :
      a. Keterangan Pindah Kuliah
      b. Keterangan Keluar/Mengundurkan Diri
      c. Keterangan Drop Out
      d. Keterangan Penetapan Wisudawan
      e. Keterangan Penetapan Wisudan Terbaik dan Berprestasi
    6. Melaksanakan administrasi akademik dan bertanggung jawab atas keamanan semua data nilai akademik.
    7. Melakukan verifikasi data mahasiswa pindahan, alih jenjang, Re-NIM dan memproses secara administratif.
    8. Membantu penyusunan perencanaan program kerja tahunan dan laporan kinerja setiap semester.
    Wewenang :

    1. Berwenang untuk melakukan perubahan data akademik pada PDDIKTI dengan sepengetahuan Direktur DA.
    2. Berwenang untuk melakukan koordinasi dengan Pusdasim terkait validitas data akademik dan menu di Sistem Informasi Akademik.
    3. Mengikuti rapat koordinasi dengan atasan dan pihak terkait.
    4. Melaksanakan tugas dari Direktur DA sesuai arahan/disposisi.
    5. Bekerjasama dengan staf akademik dan staf unit kerja / bagian lain di lingkungan Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.
    6. Mengecek dan memberikan paraf semua surat keluar yang harus ditanda tangani oleh Direktur DA.
Tanggung Jawab :

    1. Bertanggung jawab terhadap kegiatan administrasi akademik di DA, baik yang bersifat perencanaan maupun teknis administratif.
    2. Dalam melaksanakan tugasnya, Kasie Administrasi Akademik bertanggung jawab kepada Direktur DA.
4 Staf Administrasi Akademik

[Bagian Dokumen dan Statistik Akademik]

Tugas :

    1. Melakukan registrasi dan pengarsipan seluruh dokumen terkait akademik : Nilai mata kuliah per prodi/fakultas, dokumen cuti akademik, pindah kuliah, pindah kelas, pindah prodi, mahasiswa pindahan/alih jenjang, hasil konversi, buku induk mahasiswa, salinan ijazah, transkrip dan SKPI, buku wisuda, buku pedoman akademik dll.
    2. Melakukan proses digitalisasi dokumen akademik (salinan ijazah, transkrip, SKPI, buku induk).
    3. Menyusun perencanaan dan kompilasi data untuk pelaporan SIMKOPTA Kopertais IV, perubahan data akademik dan mahasiswa di SIMKOPTA Kopertais IV.
    4. Menyusun statistik akademik untuk kebutuhan pelaporan rutin, akreditasi prodi dan institusi maupun Bindalwas :
      a. Mahasiswa Baru.
      b. Mahasiswa Aktif/Student Body
      c. Mahasiswa Non Aktif
      d. Mahasiswa Cuti Studi
      e. Mahasiswa Transfer (Pindahan/Alih Jenjang)
      f. Mahasiswa Mutasi Kuliah (Pindah/Keluar)
      g. Mahasiswa Asing
      h. Mahasiswa Lulus
      i. Pengambilan Ijazah,Transkrip, SKPI
      j. Nilai IPK, Masa Studi, Kelulusan Tepat Waktu
      k. Distribusi/sebaran jenis kelamin dan asal mahasiswa berdasarkan provinsi.
    5. Melakukan pembaharuan isi (content update) website DA.
    6. Mendesain infografis akademik.
    7. Melakukan proses pengusulan dan realisasi RAB DA dengan sepengetahuan Direktur DA.
Wewenang :

    1. Berwenang untuk melakukan perubahan data akademik pada SIMKOPTA Kopertais dengan sepengetahuan Direktur DA.
    2. Berwenang untuk melakukan koordinasi dengan DSTI terkait validitas data akademik
    3. Bekerjasama dengan staf akademik dan staf unit kerja / bagian lain di lingkungan Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.
    4. Melaksanakan tugas dari Direktur DA sesuai arahan/disposisi
Tanggung Jawab :

    1. Bertanggung jawab terhadap kegiatan administrasi dan statistik akademik.
    2. Dalam melaksanakan tugasnya, Staf Administrasi Akademik [Bagian Dokumen dan Statistik Akademik] bertanggung jawab kepada Direktur DA
5 Staf Administrasi Akademik

[Bagian Administrasi Umum & Front Office]

Tugas :

    1. Melaksanakan tugas pelayanan administrasi akademik yang ditetapkan Direktur DA meliputi
      a. Herregistrasi dan KRS online
      b. Mencetak presensi kuliah, presensi UTS & UAS dan distribusi ke Fakultas
      c. Mencetak KHS dan distribusi ke Fakultas
      d. Melakukan perubahan data di SIA terkait permohonan revisi nilai
      e. Mencetak transkip sementara
      f. Mengecek nilai hasil ujian apabila ada komplain dari mahasiswa
      g. Mempreses dan melakukan perubahan data di SIA bagia mahasiswa yang mengajukan cuti akademik, pindah kelas dan pindah prodi.
    2. Menerima dan mendokumenkan niali mata mata kuliah dari dosen pengampu.
    3. Melayani pengambilan ijazah, transkip dan SKPI dan melakukan transaksi pengambilan secara online
    4. Membantu mahasiswa dalam mengakses SIM Mahasiswa.
    5. Melakukan proses penginputan nilai hasil konversi pindahan dan alih jenjang
    Wewenang :

    1. Berwenang untuk melakukan perubahan data akademik pada SIAKAD dengan sepengetahuan Direktur DA.
    2. Berwenang untuk melakukan kordinasi dengan pusdasim terkait dengan data mahasiswa
    3. Bekerjasama dengan staf akademik dan staf unit kerja/bagian lain di lingkungan Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
Tanggung Jawab :

    1. Bertanggung jawab terhadap kegiatan administrasi akademik.
    2. Dalam melaksanakan tugasnya, Staf Administrasi Akademik bertanggung jawab kepada Direktur DA